Wednesday, October 21, 2015


Efek dan mencharge Baterai Smartphone semalam suntuk



jitupoker.com Smartphone telah menajadi bagian penting dari kehidupan kita sehari-hari pada jaman sekarang ini, untuk membantu kita kita dalam bekomunikasi, bisnis bertukar informasi dan juga sebagai hiburan bermain game dan hal-hal lainnya.
Smartphone hanya berguna selama baterai berfungsi dengan baik. seringkali para pengguna mencharge smartphone mereka pada waktu malam hari hingga di tinggal tidur, namun sebagian pengguna smartphone
mengatakan bahwa mencharge ponsel semalam suntuk akan dapat merusak bateraidan mengurangi dayanya. akan tetapi apakah pernyataan tersebut sudah sangat akurat ?

Hingga saat ini, sebagian smartphone memakai baterai Li-ion, yang mana masing-masing baterai tersebut mempunyai usia yang terbatas. panas dan charging pada tegangan yang tinggi adalah penyebab utama di balik penurunan umur baterai tersebut. tegangan tinggi pada umumnya di jauhkan oleh charger yang baik karena mekanisme yang menurunkan tegangan  untuk mengaktifkan pengisian baterai tanpa kerusakan. namun pengguna harus memperhatikan jika smartphone menjadi panas.

Mitos bahwa pengisian baterai dari kosong / habis hingga penuh untuk waktu yang lama bermula ketika handphone menggunakan baterai Ni-cad. handphone tua yang menggunakan baterai nikel kadmium akan bekerja lebih baik, tidak seperti Li-ion / Li-po. pada umumnya baterai

Li-ion / Li-po memiliki sekitar 1000 siklus cangkang. 

Tips mencharge hamdphone / smartphone yang tepat

- Smartphone apple maupun android ataupun model lain yang memakai baterai Lithium-ion dapat mengkontrol overcharge. namun jika hal ini dilakukan selama berjam-jam setiap hari, maka secara bertahap dapat mengurangi daya tahan baterai.

- untuk pemakaian yang ideal haruslah membiarkan debit baterai hingga 50% dan kemudian diisi kembali sampai penuh. hal ini karena pengisian baterai

Lithium-ion dari kosong sampai penuh akan akan membuat baterai lebih panas dan mengurangi umurnya secara bertahap, dengan mengubah struktur baterai materi kimia dalam baterai. akan lebih baik jika anda mencabut telepon dari charger setelah mencapai 100%. jika memungkinkan, cobalah mengisi baterai telp anda pada siang hari sehingga anda dapat melepas chargernya pada waktu yang tepat.

- penting untunk di catat bahwa pengisian minimal adalah saat baterai mencapai 5-10% dari kapasitas energi. jika baterai setiap saat selalu diisi mulai dari 0% maka hal ini akan dapat merusak baterai secara pemanen dan tidak akan pernah diisi lagi.

Tips merawat baterai handphone dan smartphone  lebih tahan lama

- cuaca dingin atau panas yang ekstrim dapat mempengaruhi kinerja baterai. akan lebih baik jika anda merawat dan menjaganya pada suhu yang sedang- sedang saja.

- kaan lebih baik mengisi baterai smartphone anda secara singkat setiap hari, daripada harus mengharuskan kapasitas baterai.

- matikan ponsel anda sesekali, ini akan memberikan waktu istirahat baterai dan meningkatkan unur baterai.

- jangan menggunakan merk charger tiruan yang murahan, karena ini justru dapat merusak masa pakai baterai dan juga bisa meningkatkan resiko korsleting. yang terbaik adalah menggunakan charger asli.

- smartphone yang tidak digunakan juga akan mempengaruhi umur baterai. maka dari itu penting untuk menggunakan gadget ini setidaknya sekali dalam sehari, diikuti dengan sesi pengisian jika perlu.

- Pada ponsel Apple, secara teratur harus update ke versi IOS yang terbaru karena akan membantu meningkatkan kinerja untuk baterai.

- matikan Bluetooth dan WI-FI jika tidak digunakan, hal ini akan meningkatkan daya tahan baterai. 




- menurunkan pengaturan suara dan kecerahan juga akan memperpanjang masa penggunaan baterai.

- mengisi baterai ponsel dengan cara biasa akan jauh lebih baik daripada daripada lewat USB komputer.

mengisi baterai sepanjang malam tidak akan merusak baterai, asalkan tidak dilakukan setiap hari.

Salam jitupoker


No comments:

Post a Comment