Wednesday, October 7, 2015



Pengertian Internet dan manfaatnya serta dampak buruk yang di timbulkan oleh internet


                             
jitupoker.com Di era modern seperti sekarang ini, peranan internet tidak pernah lepas dari berbagai aktivitas manusia, baik belajar, bekerja, atau mencari informasi. Untuk tujuan memperkaya pengetahuan kalian tentang internet, saya berbagi pengetahuan kepada kalian yaitu Pengertian dan manfaat internet.

Pengertian Internet
jitupoker.com Internet merupakan singkatan dari Interconnected Network, yaitu kumpulan komputer yang terhubung satu dengan yang lainnya dalam sebuah jaringan. Disebut saling terhubung karena internet menghubungkan komputer dan jaringan-jaringan komputer yang berada di seluruh dunia menjadi sebuah jaringan komputer yang sangat besar. Semua jaringan yang terhubung ke internet dapat mengakses semua informasi yagn disediakan di internet secara gratis.

Internet merupakan dunia tanpa batas. Artinya, semua orang mempunyai hak yang sama di internet. Oleh sebab itu, internet merupakan dunia yang bebas dimasuki tanpa harus terikat pada peraturan-peraturan negara tertentu dan tanpa dibatasi oleh batas-batas wilayah teritorial negara tertentu.

Internet merupakan salah satu pemicu terjadinya globalisasi karena telah menghilangkan batas-batas dunia. Internet memungkinkan anda mengakses informasi yang tersimpan di komputer di belahan dunia lain. Internet telah membuat dua orang atau lebih dari belahan bumi yang berbeda dapat berkomunikasi tanpa dibatasi oleh batas-batas negara, waktu, jarak, dan hukum atau biokrasi suatu negara.

Manfaat Internet
jitupoker.com Tingginya mobilitas penggunaan internet menuntut jaringan yang fleksibel, sehingga seseorang yang sedang berpergian tetap dapat mengakses internet walaupun di dalam mobil yang sedang berjalan, sehingga dikembangkannya jaringan tanpa kabel (wireless). Berikut manfaat internet secara umum.

1. Mencari informasi (hosting) dan research di internet
jitupoker.com Hosting dilakukan seseorang untuk mencari berita, referensi, maupun bacaan. dengan hosting, pengguna dapat memperoleh informasi yang banyak. Bahkan, pengguna internet sering mengupload hasil penelitian, penulisan, dan karya terbarunya ke internet agar dapat diakses oleh pengguna lain.

2. Berkirim surat (e.mail)
jitupoker.com E.mail merupakan suatu kegiatan berkirim surat melalui media internet. E-mail (Electronic mail) sudah banyak digunakan saat ini dan sangat populer. Di mana pengirim dapat mengirimkan surat secara langsung dan penerima surat yang letaknya berjauhan juga dapat secara langsung menerima surat tersebut dengan syarat keduanya sedang online.

3. Berbelanja online (e-commerce)
jitupoker.com E-commerce (Electronic commerce) adalah perdagangan yang dilakukan dengan memanfaatkan jaringan telekomunikasi, terutama internet. Internet memungkinkan orang atau organisasi yang berada pada jarak yang jauh dapat saling berkomunikasi dengan biaya yang murah. Ada banyak bentuk perdagangan secara elektronik yang banyak dilakukan saat ini. Misalnya, internet banking, pembelian dan penyediaan barang, toko online, dan sebagainya. Di Indonesia telah disediakan beberapa website khusus sebagai website untuk penjualan barang-barang seperti glodokshop.com, apotikonline.com, tokobagus.com, zalora.com, dan lain-lain.

4. Internet banking
jitupoker.com Internet banking atau electronic banking (e-banking), cyberbanking, virtual banking, home banking, maupun online banking adalah aktivitas perbankan yang dilakukan dari rumah, kantor, atau tempat-tempat lain dengan memanfaatkan internet. Manfaat adanya internet banking bagi nasabah, yaitu nasabah tidak perlu datang ke bank untuk melakukan transaksi perbankan, nasabah dapat melakukan transaksi perbankan kapan saja dan di mana saja (asalkan tersedia fasilitas internet). Sedangkan bagi pihak bank, internet banking memungkinkan bank untuk mengurangi biaya operasional. Di Indonesia bank-bank yang telah menyediakan jasa internet banking antara lain Bank BCA, Bank Mandiri,  Bank BRI, BII, BNI, dan lain-lain.

5. Belajar jarak jauh (e-learning)
jitupoker.com E-learning atau sering disebut juga dengan e-education adalah kegiatan belajar pada tempat yang saling berjauhan dengan menggunakan media tertentu, misalnya Volp, Skype, dan sebagainya. Di Indonesia yang mempunyai program belajar jarak jauh, misalnya Universitas Terbuka. Internet merupakan alat komunikasi yang murah. Internet juga memungkinkan terjadinya dialog seseorang dengan orang lain (one to one communication) dan dialog seseorang dengan banyak orang (one to many communication). Selain itu, internet juga memungkinkan terjadinya komunikasi dengan tatap muka melalui teleconference. Pemanfaatan internet akan membuat proses belajar jarak jauh menjadi lebih efektif dan hasil yang diperoleh pun akan menjadi lebih maksimal.

6. Mengobrol (chatting)
jitupoker.com Chatting adalah kegiatan atau pola bicara di internet. Jika telepon menggunakan bunyi untuk berkomunikasi, sedangkan chatting di internet menggunakan media tulisan. Sama halnya dengan fasilitas lainnya, dalam internet menawarkan kemudahan, kecepatan, dan biaya yang murah.

Selain memberikan manfaat yang baik di sisi lain internet juga memberikan dampak yang buruk.
diantaranya :
Dampak Buruk Game Online

jitupoker.com Sebagian dari kita pasti menyukai atau malah memiliki hobi bermain game online. Pasalnya semakin berkembangnya teknologi, pasar game online mengalami peningkatan. Salah satu hal yang mendukung ialah pasar ponsel pintar (smarthphone) juga makin laris, dengan demikian aplikasi game online yang dijajakan gratis di pasar aplikasi pun tak mengalami hambatan. Game online, seperti pada namanya, merupakan bentuk permainan yang dapat diakses dengan kuota internet. seseorang menyenangi permainan yang dimainkan secara online atau game online ini adalah karena kemudahan akses. Permainan apa saja yang kamu inginkan banyak disediakan di toko aplikasi seperti di google play store, mulai dari yang gatis sampai yang berbayar. Berbagai macam game yang tersedia di pasar aplikasi disediakan dalam berbagai macam jenis, mulai dari permainan petualangan, stategi, dan lainnya. Bermain game online menjadi pilihan masa kini dikarenakan, selain dapat menghilangkan rasa jenuh namun juga begitu memacu adrenalin. Tentu, dengan permainan virtual ini membawa pemainnya seolah-olah mengalami langsung permainan yang ada di dalamnya.

Kecanduan (Adiktif)

jitupoker.com Bisa dikatakan hal ini mungkin sepele. Namun, kecanduan game online dapat memberikan dampak buruk bagi seseorang. Terlebih jika ia sedang dalam masa pertumbuhan (anak-anak). Namun nyatanya, pecinta game online tak hanya anak-anak tapi juga beberapa orang dewsa baik laki-laki ataupun perempuan. kecanduan game online dapat mempengaruhi tatanan pikiran seseorang. Orang yang mengalami kecandun game online akan memiliki rasa keinginan terus ingin bermain game. Sehingga, seseorang yang mengalami kecanduan game online dapat lupa waktu dengan demikian akan menimbulkan berbagai lainnya.


Menurunnya Kesehatan dan Munculnya Penyakit –Penyakit Tertentu

jitupoker.com Kecanduan akut game online menyebabkan seseorang lupa diri dan lupa waktu. Sampai – sampai ia lupa kalau kehidupan real bukanlah di dalam permainan game. Kehidupan real jauh lebih menantang dibanding permainan di game online. Akibatnya para pemain jadi lupa diri untuk menjaga kesehatannya. Duduk berjam-jam justru dapat menimbulkan bahaya bagi kesehatan. Mungkin sebagian dari kita menganggap bahwa aktivitas duduk terlalu lama bukanlah masalah karena tidak melakukan hal-hal berat seperti yang dilapangan. Namun kenyataan berkata lain, beberapa study yang telah dilakukan di luar negeri mengungkapkan bahwa duduk terlalu lama (lebih dari enam jam setiap hari) dapat menimbulkan berbagai kelainan metabolisme yang memicu datang penyakit seperti gangguan ginjal, diabetes, dan dapat pula menyebabkan penyakit jantung. Kecanduan bermain game online tentu akan membuat seseorang rela duduk berlama – lama di depan komputer. Hal ini tentu akan berbahaya.

Selain kelainan diatas, duduk terlalu lama di depan komputer dapat menyebabkan timbulnya wasir atau ambien. Hal ini karena aliran darah di tubuh menjadi tidak lancar. Mata yang terlalu lama terpapar sinar komputer pun dapat mengalami gangguan seperti lelah mata yang dapat menyebabkan daya akomodasi mata berkurang sehingga dapat membuat penglihatan kabur. Selain itu, bermain komputer terlalu lama dapat memicu peregangan syaraf dari tangan sampai ke leher yang dapat mengganggu kesehatan. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa kesehatan akan terganggu karena bermain game baik via pc ataupun hanphone pintar (smartphone).

Lupa Waktu

Ada sebagian orang yang akibat kecanduan bermain game online secara terus-menerus sehingga ada sebagian orang membuat aktivitas lainnya dilalaikan. Banyak pekerjaan yang menjadi terbengkalai, dan tentunya dapat memiicu seseorang untuk tidak menjalankan kewajibannya seperti sekolah atau lainnya. Hal ini sungguh sangat memprihatinkan.

Pesan dari jitupoker.com bermain game online boleh - boleh saja tetapi harus di batasi dan lihat waktu jangan sampai terlalu kecanduan

salam jitupoker.com

No comments:

Post a Comment