Tuesday, January 12, 2016

Beberapa Negara Termiskin Di Dunia jitupoker.com

Jitupoker.com - Kebanyakan dari negara miskin menjadi paling sengsara dikarenakan terlibat perang dan terjangkit wabah penyakit. Umumnya tingkat perekonomian, sistem pemerintahan, serta pendidikan negara tersebut rendah.
Sebagai contoh, salah satu negara paling sengsara ini berada di Asia Tenggara. Dia adalah Kamboja. Kamboja adalah negara Asia Tenggara yang berbatasan dengan Thailand, Laos, dan Vietnam. Di bagian barat laut negara itu, ada reruntuhan kota Angkor, pengingat akan sejarah yang bergejolak di Kamboja. Angkor adalah ibu kota Kerajaan Khmer, yang berabad-abad lalu memerintah wilayah yang luas di Asia Tenggara. Perang dan penaklukan bangsa asing akhirnya membawa raja-raja Khmer keluar dari Angkor.

 

Phnom Penh adalah ibukota dan merupakan kota terbesar serta pusat transportasi dan perdagangan Kamboja. Letaknya di bagian selatan negara itu, di persimpangan Sungai Mekong dan Tonle Sap. Sejarah kota ini dimulai dari tahun 1400-an. Phnom Penh menggantikan Angkor sebagai ibukota Kerajaan Khmer lama. Phnom Penh menjadi ibukota kerajaan Kamboja pada tahun 1860-an. Populasi kota ini telah meningkat secara dramatis selama bertahun-tahun. Sekarang, populasinya diperkirakan lebih dari dua juta jiwa. Kota terbesar kedua adalah Battambang di Kamboja barat. Kompong Som adalah kota pelabuhan Kamboja yang berada di Teluk Thailand

Kamboja pernah memiliki sejumlah pemerintah yang berbeda sepanjang sejarahnya. Sekarang, negara ini berbentuk monarki konstitusional. Di bawah Konstitusi 1993, raja adalah kepala negara dan panglima angkatan bersenjata. Kekuasaan legislatif diberikan pada Majelis Nasional terpilih. Pemerintah, yang terdiri atas kabinet menteri, dipimpin oleh seorang perdana menteri. Perdana menteri ditunjuk oleh raja dari perwakilan partai politik dengan jumlah kursi terbanyak di legislatif.
Kebebasan warga negara ini berada di tingkat rendah meski era kediktatoran sudah lama hilang.
Lalu, negara mana lagi yang termasuk sebagai negara termiskin di dunia? Berikut Jitupoker.com akan merangkum 5 negara teratas dalam daftar untuk para pembaca.

1.Republik Afrika Tengah
Jitupoker.com - Pada asalnya satu koloni negara Perancis, Republik Afrika Tengah merdeka pada tahun 1960. Negara baru ini dengan cepat jatuh pada pemerintahan diktator di bawah presiden pertamanya, David Dacko. Pada tahun 1966 Dacko digulingkan oleh sepupunya, Jean Bedel Bokassa yang mendirikan kerajaan militan dan menjadi diktator yang berperangai rumit. Pada tahun 1976 Bokassa mendeklarasikan dirinya sebagai maharaja dan dinobatkan dalam upacara yang serba mewah dan mahal yang dikritik oleh banyak negara lain. Dia juga kerap melanggar hak asasi manusia serta menyokong gerakan anti-Perancis. Akibatnya, pemerintahan Perancis mendukung suatu kup terhadap pemerintahannya dan pada 1979 Dacko kembali berkuasa di negara tersebut. Pemberontakan yang kedua terjadi pada 1981, dan pemerintahan demokrasi mulai berkuasa pada 1993. Namun pada 2003, suatu kudeta terjadi sekali lagi, di mana François Bozizé mengambil alih kekuasaan. 



Seperti namanya, negara ini berada di jantung pulau Afrika. Tingkat kebebasan penduduk negara ini dilaporkan berada di tingkat terendah.
Selain itu, tingkat usaha, pendidikan serta kesehatan turut menempati posisi paling buruk dalam penilaian Legatum. Dinobatkannya Republik Afrika Tengah kali ini sehingga menjadikannya sebagai negara termiskin dan paling sengsara berturut-turut dalam dua tahun terakhir  (92014 - 2015).

2.Afghanistan
Jitupoker.com - Afghanistan ialah sebuah negara yang relatif miskin, sangat bergantung pada pertanian dan peternakan. Ekonominya melemah akibat kerusuhan politik dan militer terkini, tambahan kemarau keras dengan kesulitan bangsa antara 1998-2001. Sebagian penduduk mengalami krisis pangan, sandang, papan, dan minimnya perawatan kesehatan. Kondisi ini diperburuk oleh operasi militer dan ketidakpastian politik. Inflasi menyisakan banyak masalah. Menyusul perang koalisi yang dipimpin AS yang menimbulkan jatuhnya Taliban pada November 2001 dan pembentukan Otoritas Interim Afganistan (AIA) yang diakibatkan dari Persetujuan Bonn Desember 2001, usaha Internasional untuk membangun kembali Afganistan ditujukan di Konferensi Donor Tokyo untuk Rekonstruksi Afganistan pada Januari 2002, di mana $4,5 juta dikumpulkan untuk dana perwalian yang akan diatur oleh Bank Dunia. Wilayah prioritas untuk rekonstruksi termasuk konstruksi pendidikan, kesehatan, dan fasilitas kesehatan, peningkatan kapasitas administratif, perkembangan sektor pertanian, dan pembangunan kembali jalan, energi, dan jaringan telekomunikasi.  



Akibat perang dalam beberapa puluh tahun terakhir ini sehingga tak mengejutkan jika Afghanistan menempati peringkat ke-2 sebagai negara paling sengsara di mata dunia. Tata pemerintahan negara ini menjadi yang terburuk dibanding negara lain di dunia.
Tak hanya itu, tingkat keamanan juga menempati peringkat penilaian yang  paling rendah di mata dunia. Perang membuat semua indikator penilaian negara ini menjadi negara yang paling miskin dan sengsara di mata dunia.

3.Haiti
Jitupoker.com - Ibu kota (dan kota terbesar) Port-au-Prince Bahasa resmi Kreol, Perancis Pemerintahan Republik - Presiden René Préval - Perdana Menteri Jean-Max Bellerive Kemerdekaan Dari Perancis - Deklarasi 1 Januari 1804 - Diakui 1825 (Perancis), 1863 (AS) Luas - Total 27,750 km2 (144) - Air (%) 0,7% Penduduk - Perkiraan 2006 8.373.750 (90) - Kepadatan 292/km2 (28) PDB (KKB) Perkiraan 2005 - Total US$13,35 miliar (126) - Per kapita US$1.625 



Jitupoker.com - Akibat bencana gempa bumi hebat pada 2010 lalu. Meski telah lima tahun berselang, para penduduk Haiti belum benar-benar pulih dari keterpurukan akibat bencana.
Tingkat kesehatan negara ini tak beranjak dari posisi buncit akibat bencana. Selain itu, buruknya tata kelola pemerintahan dan kebebasan masyarakat semakin memperberat hidup di negara ini.

4.Suriah


Ketika indeks kesejahteraan negara - negara di dunia pertama kali diluncurkan pada 2009, Suriah berada pada peringkat 90. Akan tetapi, perang sipil yang menimpa negara ini hingga pemberontakan oleh kelompok ISIS, membuat peringkat Suriah merosot drastis merosot tajam.
Akibat perang, negara ini menempati peringkat tiga terburuk di dunia dalam indikator keamanan dalam survei yang dilakukan Legatum.


5.Liberia
Jitupoker.com - Liberia sebenarnya negara yang telah lama merdeka. Tercatat negara ini merdeka 1847 dan diakui oleh amerika pada tahun 1862. Negara ini hanya memiliki GDP per kapita sebesar $840, padahal Liberia merupakan salah satu negara anggota pendiri PBB dan Organisasi Persatuan Afrika. Penyebab hancurnya ekonomi negara ini adalah perang saudara yang terjadi tahun 1989-1996 dan tahun 1999-2003. Karena kerakusan kekuasaan dari petinggi-petingginya membuat ekonomi negara ini rontok 



di tambah lagi Liberia mengalami badai virus ebola pada 2014 lalu. Akibatnya hampir 5.000 penduduk negara tersebut tewas.
Virus ini mengakibatkan Liberia menempati peringkat paling bawah dalam indikator kesehatan. Selain itu, negara ini menderita perekonomian buruk dan penilaian merah lainnya dalam survei Legatum.
Oleh karena beberapa faktor diatas maka Liberia  dianggap sebagai negara termiskin ke lima di mata dunia.

Salam Jitupoker.com



No comments:

Post a Comment