Sunday, January 31, 2016

Virus Berbahaya Kembali Menghanutui Masyarakat Dunia


Jitupoker.com - Baru-baru ini telah di temukan virus baru yang kembali mengancam dunia yaitu virus Zika, virus yang tengah ramai diperbincangkan di sejumlah media nasional, dikabarkan penyebarannya tengah merebak di Amerika Latin, terutama di Brasil dan Kolombia. Penyebaran juga diduga sampai ke Eropa dan Asia.
 
Saat ini Virus Zika menjadi pembicaraan luas di negara Brasil sejak pertengahan 2015 hingga saat ini, setelah sekitar 500.000 penduduk tertular, lalu berkembang menjadi 1,5 juta penduduk.
 
Pejabat kesehatan melihat, penyebaran Zika bertepatan dengan peningkatan tajam jumlah bayi yang menderita mikrosefali, yaitu suatu kondisi otak janin tidak tumbuh ke ukuran penuh dan menyebabkan bayi lahir dengan kepala abnormal berukuran kecil.
 
Sejumlah pakar kesehatan kini juga sedang menyelidiki hubungan antara virus Zika dengan sindrom paralisis yang jarang terjadi yang disebut Guillain-Barre.
 
Sindrom ini menyerang saraf, muncul ketika sistem imun sedang rendah, setelah orang yang bersangkutan terjangkit flu atau jenis virus lain.
 
penularan virus Zika ditandai sebagai penyakit yang umumnya tidak berbahaya, dengan gejala seperti ruam, demam, rasa sakit pada sendi, dan mata merah. Bahkan, sekitar satu dari empat orang yang terinfeksi virus ini bisa jadi tak menyadarinya.
 
Zika merupakan Flavivirus kelompok Arbovirus bagian dari virus RNA. Pertama kali diisolasi pada 1948 dari monyet di Hutan Zika Uganda. Kemungkinan Zika merupakan nama hutan tempat virus ini berhasil diisolasi. Selanjutnya beberapa negara Afrika, Asia khususnya Asia tenggara,  Mikronesia, Amerika Latin, dan Karibia, melaporkan  penemuan virus ini.
 
Penularan virus ini sama seperti demam berdarah yaitu oleh gigitan nyamuk Aedes Aegypti yang menjadi pembawa virus Dengue yang menyebabkan penyakit demam berdarah Dengue. para ahli sedang berusaha mencara vaksin untuk mengatasi virus zika Hingga saat ini,namun sayang para ahli belum bisa temukan vaksin untuk mengatasi virus Zika. 
 
WHO dan Pan American Health Organization, menyatakan bahwa saat ini mereka menemukan beberapa kasus virus Zika di berbagai belahan dunia.
hingga saat ini sudah 18 negara di Amerika Latin dan Karibia yang melaporkan adanya infeksi virus Zika, antara lain Brasil, Barbados, Kolombia, Ekuador, El Salvador, French Guiana, Guatemala, Guyana, Haiti, Honduras, Martinique, Meksiko, Panama, Paraguay, Puerto Rico, Saint Martin, Suriname dan  Venezuela. Oleh karena itu, pada 15 Januari lalu, pemerintah Amerika melalui US Centers for Disease Control and prevention (CDC) telah memberikan "travel alert" bagi warganya, terutama yang sedang hamil atau sedang berencana untuk hamil, agar menunda melakukan perjalanan ke negara-negara yang sedang terjangkit virus Zika.
 

No comments:

Post a Comment