Saturday, March 19, 2016

Bahaya Senter Laser


Jitupoker.com - Pemerintah telah menghimbau kepada seluruh lapisan masyarakat agar Lampu laser hijau yang beredar di jalanan sebaiknya tidak disalahgunakan. karena jangkauan sorotan cahayanya bisa mencapai hingga 5 kilometer jelas bisa memberikan dampak yang tidak baik bagi lingkungan sekitarnya, apalagi kalau diarahkan pada pesawat yang hendak lepas landas atau mendarat.


Pada saat ini lampu senter laser yang sedang populer adalah jenis green laser pointer 303. lampu senter laser tersebut banyak dijual bebas oleh para pedagang di jalanan sampai penjualan secara online dan juga toko-toko elektronik. Dari beberapa penelusuran Jitupoker, harga senter laser tersebut di jual sekitar Rp.100.000 sampai Rp.200.000. Namun ada juga beberapa jenis senter laser yang lebih murah dari harga tersebut.

Senter laser tersebut bisa mencapai jangkauan jarak 2.000 meter sampai 5.000 meter pada malam hari. Namun ada beberapa jenis yang jangkauan sorotannya hanya sejauh 300 meter sampai 600 meter saja. senter laser tersebut menggunakan pengaturan cahaya dengan cara di putar mata lasernya, dengan adanya pengaturan mata laser tersebut bisa menghasilkan beberapa aspek sorotan cahaya diantaranya : sinar-sinar puluhan bintang, seperti di diskotek. Alat tersebut juga dilengkapi kunci pengaman dan dilengkapi baterai. Sinarnya pun bisa diatur, bisa titik kecil atau titik besar dengan memutar pengatur kepala laser.

Jitupoker.com - Tanpa disadari senter laser yang pada mulanya di ciptakan dengan tujuan untuk dapat membantu penerangan, senter laser tersebut biasanya di gunakan untuk keperluan berburu pada malam hari atau keperluan olah raga menembak dan lainnya. ternyata sangat berbahaya, apabila sorotan cahayanya mengenai mata. meskipun masyarakat telah mengetahui dampak dari senter laser tersebut, namun hal ini tetap saja tidak menghalangi niat para pembeli untuk memakai senter laser.

Dunia penerbangan sudah melarang keras penggunaan senter laser di bandara, Siapa pun yang menggunakannya, akan dikenakan sanksi. karena bahaya yang bisa di timbulkan dari senter laser tersebut, Direktur Keamanan Penerbangan Kemenhub M Nasir mengimbau kepada seluruh masyarakat yang membeli senter laser itu jangan sekali-kali memainkannya di dekat area bandara atau mengarahkan sinar laser ke pesawat yang hendak mendarat atau terbang.

Senter laser yang di tembakkan ke pesawat memang tidak mengganggu atau merusak sistem pesawat terbang. Namun, bisa menjadi sangat berbahaya dan berpotensi menimbulkan insiden penerbangan apabila Sinar laser menyorot tepat langsung ke arah pilot.


Bagi anda yang memiliki senter laser tersebut harap ingat akan bahaya yang bisa di timbulkan oleh alat tersebut, jadi harap pergunakanlah senter laser tersebut pada tempatnya dan jangan sembarangan menyorotkan cahaya lasernya supaya tidak menimbulkan hal-hal yang tidak diinginkan.


Salam Jitupoker.com

No comments:

Post a Comment