Thursday, March 17, 2016

Zaskia Gotik Dianggap Menghina Dasar Negara Pancasila

Jitupoker.com - Zaskia gotik dalam acara Dasyat yang di tayangkan di salah satu stasiun telivisi Indonesia dengan pembawa acara Denny Cagur pada hari Rabu yang lalu, Dalam acara tersebut ada satu segmen Cerdas Cermat. Di mana Jupe, Zaskia Gotik, dan Ayu Ting Ting diberi pertanyaan oleh Deny Cagur. dan tanpa di sadari zaskia gotik bahwa dalam acara tersebut beliau bermaksud bercanda untuk membuat humor menghibur para penonton tetapi berakhir dengan kecaman.


Para peserta yang ikut memeriahkan acara tersebut memberikan jawabannya masing-masing. Julia perez dan Atu ting-ting memberikan jawaban yang tepat dan benar, namun lain pula jawaban yang di berikan oleh Zaskia Gotik, karena beliau bermaksud bercanda untuk mengundang tawa para penonton dengan memberikan jawaban gambar dari sila kelima Pancasila adalah Bebek nungging dan Proklamasi Indonesia pada tanggal 32 Agustus.


Jawaban Zaskia Gotik memnag bercanda dan mengundang tawa sesaat pada waktu itu. tapi tak di sangka jawaban tersebut mengundang kecaman dari masyarakat karena beliau dianggap menghina dasar negara Indonesia yaitu Pancasila. dan akhirnya ada ratusan orang yang melaporkan Zaskia gotik ke Polda Metro Jaya.salah satunya orang yang melaporkan Zaskia Gotik ke Polda Metro Jaya adalah Wakil Ketua Komite 3 DPD RI Fahira Idris.

"Yang bersangkutan telah melecehkan lambang negara yang harusnya kita hormati. Contoh ada orang luar yang menghina negara kita, kan kita pasti marah. Oleh karena itu saya ke sini untuk melaporkan Zaskia Gotik. Dia seharusnya bisa menjaga perkataannya itu, apalagi dia seorang artis," kata Fahira Idris kepada Polda Metro Jaya.

Selain melaporkan Zaskia Gotik, Fahira juga melaporkan Deny Cagur yang memandu program tersebut. Deny dianggap membiarkan dan 'memprovokasi' kejadian karena tidak berusaha menegur Zaskia Gotik atau menghentikan acara yang berlangsung saat Zaskia melakukan hal tak menyenangkan tersebut.

Jitupoker.com - Kata-kata yang dilontarkan Zaskia Gotik bisa disebut sebagai menghina negara dan bisa berbuntut ke jalur hukum. Pasalnya, larangan menghina negara dan lambangnya itu sudah diatur dalam Pasal 24 UU Nomor 24 Tahun 2009 tentang Bendera, Bahasa, dan Lambang Negara serta Lagu Kebangsaan.

"Setiap orang dilarang mencoret, menulisi, menggambari, atau membuat rusak Lambang Negara dengan maksud menodai, menghina, atau merendahkan kehormatan Lambang Negara dipidana dengan dengan pidana penjara paling lama 5 tahun atau denda paling banyak 500 juta," demikian bunyi pasal tersebut.

Setelah mendapat kecaman dan hujatan dari masyarakat Atas kata-kata dan tulisan yang di tulis Zaskia Gotik dalam acara telivisi tersebut, beliau meminta maaf kepada masyarakat publik dan mengaku tak ada niatan untuk menghina Tanah Air.


Akankah kasus ini berbuntut ke jalur hukum?


Salam Jitupoker.com

No comments:

Post a Comment