Friday, March 11, 2016

Waspadalah....!!! Beberapa Jenis Makanan yang Tidak Layak Untuk di Konsumsi

1.Chicken Nugget pakai ayam tiren

Jitupoker.com - Ayam yang telah mati (tiren) seharusnya di buang di tempat pembuangan sampah dan sudah tidak layak untuk di konsumsi manusia. Tetapi masih ada sebagian pedagang yang memanfaatkan bangkai ayam yang telah mati untuk di jadikan barang dagangannya supaya bisa mendapatkan untung yang lebih banyak. dan sebagian pembeli ada yang mengetahui hal tersebut dan tidak mau memakannya. namun masih ada juga sebagian orang yang tidak mengetahui hal tersebut karena harganya lebih murah di bandingkan dengan daging ayam segar.


Beberapa waktu yang lalu petugas Satpol PP pernah menemukan dan menggeledah sebuah gudang tempat penyimpanan bangkai-bangkai ayam di daerah Jawa Timur. di dalam penggeledahan tersebut
petugas menemukan banyak bangkai ayam beserta jeroannya. setelah di periksa bangkai ayam dan jeroan yang di simpan tersebut ditemukan belatung di kantong plastik berisi jeroan ayam di gudang tersebut. Saat digeledah, dua gudang ayam tiren itu mengeluarkan aroma busuk yang menyengat dan juga air limbah bekas ayam mengeluarkan bau busuk.

2.Saos dari pepaya busuk

Jitupoker.com - Saos merupakan salah satu makanan yang dapat menggugah selera masyarakat di Indonesia, karena saos sering di jadikan sebagai penambah selera makan bagi masyarakat Indonesia. Makanan yang ditambah saos memang rasanya akan lebih nikmat bagi sebagian orang yang menyukai akan saos. Tapi, perlu diketahui bahwa saos yang biasanya digunakan oleh para pedagang kaki lima terbuat dari campuran buah pepaya yang telah membusuk.

Ditemukannya saos dari buah pepaya busuk itu pernah terjadi di sebuah pabrik saus sambal di Jl Cicukang, Kelurahan Caringin, Kecamatan Bandung Kulon, Kota Bandung. Selain menggunakan pepaya busuk, gudang tersebut juga menggunakan bahan esens rasa tomat dan cairan kimia ekstrak cabai. Cara pembuatan saus dan sambal tersebut yakni dengan mencampur semua bahan dalam satu drum kemudian dilarutkan dengan memakai air panas sebanyak 30 liter.

Saos berbahaya tersebut telah beredar di pasar-pasar Kota Bandung. Pabrik ini sudah beroperasi selama 14 tahun. Dalam sehari, pabrik rumahan tersebut bisa membuat sambal dan saus palsu hingga 200 ton dengan keuntungan mencapai Rp 100 juta per harinya.

Telah di ketahui bahwa bahan-bahan kimia tidaklah sehat untuk di konsumsi karena dapat mengakibatkan timbulnya penyakit-penyakit berbahaya seperti : cancer dan penyakit lainnya di dalam tubuh manusia. jadi setelah anda mengetahui akan hal ini apakah anda masih mau mengkonsumsi saos sembarangan...???

3.Es Teh di Monas dibuat dari air saluran

Jitupoker.com - Satpol PP Jakarta Pusat mengungkap kecurangan pedagang minuman di kawasan Monas, Jakarta Pusat. Pedagang itu menjual minuman dengan memakai air tetesan dari rel kereta api.
tentu saja air yang di gunakan sangatlah kotor dan tidak higienis. Tak hanya itu, gelas plastik bekas yang di beli dari para pemulung juga dipakai untuk tempat dagangan es teh.

Satuan Polisi Pamong Praja Jakarta Pusat pun langsung menindak lapak PKL yang berada di bawah rel kereta di sekitar Masjid Istiqlal. serta membongkar tempat jualan PKL yang menggunakan air kotor tersebut. "Bahan baku airnya itu sangat berbahaya karena bukan air bersih, masyarakat bisa rawan terjangkit penyakit nantinya," kata Kasatpol PP Jakarta Pusat Iyan Sophian Hadi.

Satpol PP Jakarta Pusat menangkap Hengky, seorang pedagang es teh yang proses pembuatannya dicampur air limbah dari Stasiun gambir. Warga Johar Baru itu itu menggunakan limbah mengalir dari pipa paralon yang merupakan drainase rel kereta. sebelum disajikan di gelas plastik yang diberi es batu, pedagang menuangkan teh yang telah dilarutkan di dalam jerigen ukuran sedang.
"Jerigennya kotor dan tidak layak untuk tempat simpan minuman. Baru kemudian dicampur dengan air limbah tadi," kata Kasatgas Pol PP Kecamatan Gambir, Harry Apriyanto.


Petugas Satpol PP kemudian menyuruh pedagang tersebut untuk meminum teh dagangannya jika bahan baku yang digunakan bukan dari air limbah. "Kita bilang, kalau enggak ada apa-apa, lo coba minum untuk cicip, mau enggak? si pedagang tersebut tidak mau minum teh es yang di jualnya sendiri. Logikanya kalau bersih pasti dia mau," tambahnya.

Bagi masyarakat yang sering bermain ke daerah kawasan MONAS di Jakarta berhati-hatilah jika mau membeli makanan ataupun minuman, jangan sampai salah pilih tempat untuk membeli barang yang akan di konsumsi.carilah tempat jualan yang terlihat higienis dan bersih. soal harga mahal sedikit tidak apa-apa tetapi yang penting jelas terlihat cara pembuatannya dengan bahan bersih dan aman untuk di konsumsi.


Salam Jitupoker.com



No comments:

Post a Comment