Sunday, March 27, 2016

kerusuhan Lapas Malabero Bengkulu

Jitupoker.com - Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) adalah tempat untuk melakukan pembinaan terhadap orang-orang yang di nilai melakukan kesalahan / kejahatan di dalam lingkungan masyarakat.


Namun banyak dari orang-orang yang telah di tangkap oleh aparat pemerintah dan di masukkan ke penjara / lapas untuk di bina supaya bisa menyadari kesalahannya itu malah tetap tidak berubah dan bahkan ada pula yang bertindak brutal dan melakukan aksi sehingga terjadi kericuhan di dalam lapas.

Berbagai macam aksi yang sering dilakukan para narapidana untuk membuat kerusuhan di dalam lapas. beberapa diantaranya seperti : ribut dengan sesama penghuni lapas, main  judi sesama napi bdan bahkan ada yang mengedarkan narkoba di dalam lapas serta berbagai hal lainnya.

Dalam keributan yang sering terjadi antar sesama napi mereka pun sering menggunakan senjata tajam atau bahkan membakar lapas guna melampiaskan amarah mereka. akibatnya banyak napi yang terpaksa harus di larikan ke rumah sakit oleh petugas lapas karena kerusuhan yang terjadi di dalam lapas dan bahkan ada beberapa penghuni lapas yang tewas, tindakan anarkis lainnya yang di lakukan napi dalam membuat onar adalah membakar lapas.


Jitupoker.com - Kejadian pada hari Jumat lalu,bermula dari BNP Bengkulu menggeledah salah satu kamar tahanan dengan sasaran Aceng. Hasilnya, ditemukan barang bukti setengah kantong sabu di dalam salah satu sel. Aceng dan tahanan lainnya kemudian di tangkap oleh BNP.

Proses penggeledahan oleh petugas BNN Provinsi Bengkulu itu berlangsung kondusif. namun provokasi mulai terjadi saat pemeriksaan barang bukti. BNP mengembangkan pemeriksaan peredaran narkoba di dalam Lapas. karena ada napi yang memprovokasi para napi lainnya, akhirnya para napi mengamuk karena salah satu rekannya yang diduga adalah sebagai gembong yang meyalurkan narkoba di dalam Lapas ditangkap Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Bengkulu.

Para napi kemudian melakukan aksinya dengan cara merusak gembok dan ada juga yg berusaha menjebol tembok sel tahanan. kemudian para napi tersebut melempari para petugas dengan menggunakan batu dan juga bambu.

Menurut Kepala BNNP Bengkulu, Budiharso menduga bahwa penyerangan yang dilakukan tahanan terhadap petugas itu sudah dipersiapkan secara matang. Sebab, saat bentrokan terjadi, para tahanan melempari anggota BNNP menggunakan batu dan bambu.

Kerusuhan di dalam lapas baru bisa di redakan setelah petugas gabungan turun ke lapas. kemudian para petugas mengevakuasi para napi ke dan di titipkan ke lapas Bentiring.


Akibat dari kerusuhan yang terjadi di dalam lapas tersebut Lima orang tahanan tewas dalam peristiwa tersebut. daftar nama napi yang meninggal dalam kerusuhan yang terjadi di dalam lapas adalah :
- Agung Nugraha
- Heru Biliantoro
- Agus Purwanto
- Hendra Nopiandi
- Medi Satria

Jumlah narapidana dan tahanan di Rutan Malabero sebanyak 259 orang. Lima orang tewas akibat kejadian tersebut, satu orang dibawa ke Badan Narkotika Nasional Provinsi Bengkulu, dan satu lagi mendapatkan perawatan.

Dalam kejadian kerusuhan hingga pembakaran lapas tersebut petugas lapas memastikan, seluruh tahanan lapas Malabero tidak ada yang kabur.


Salam Jitupoker.com

No comments:

Post a Comment