Sunday, February 14, 2016

Hari Valentine


Jitupoker.com - HARI Kasih Sayang atau Valentines Day menjadi hari yang dinanti oleh sebagian besar kalangan, terutama kaum muda. Setiap kali peringatan pada 14 Februari,para kaum muda-mudi merayakan hari valentine dengan beragam cara dan berbagai acara di berbagai tempat.



 Di masyarakat Indonesia sendiri masih menjadi kontroversi soal boleh atau tidak perayaan hari valentine, namun dalam kenyataannya di berbagai tempat tetap ramai dikunjungi muda-mudi yang merayakan hari valentine.

Namun menurut kisah sejarah awal mula perayaan Hari Kasih Sayang (valentine) tak lepas dari cerita orang suci dari Gereja Katolik Roma, yakni Valentine. Pria dari masa 200-an Masehi itu tewas secara mengenaskan karena dieksekusi Kaisar Romawi Claudius II. Kaisar ketika itu melarang tentara muda menikah agar mereka tak”melempem”di medan tempur. Namun Uskup Valentine melanggar perintah itu dan menikahkan satu pasangan secara diam-diam.

Karena sang pengurasa pada masa itu mengetahui bahwa uskup Valentine melanggar aturan dengan menikahkan satu pasangan secara diam-diam. Uskup Valentine kemudian di tangkap dan di penjarakan dan kemudian di hukum mati dengan cara di eksekusi mati.

Tak lama setelah kejadian tersebut, dalam satu generasi, orang-orang mulai mengambil ide untuk merayakan Valentine sebagai hari kasih sayang. Meski perayaan itu kemudian identik dengan perayaan kasih sayang kaum muda, ada pula sebagian keluarga yang meluangkan waktu untuk ikut merayakan hari valentine.

Jitupoker.com -  Di negara Indonesia Berbagai tempat pun secara rutin mengalokasikan program untuk menyambut Hari Kasih Sayang, seperti hotel dan resto. Berbagai acara dan menu andalan dan suasana romantis menjadi andalan untuk memikat siapa pun yang ingin merayakan hari valentine bersama orang-orang terdekat. misalnya : Skyline Lounge di lantai XVII Gumaya Tower Hotel menawarkan acara makan malam romantis dan eksklusif ala Prancis bertema ”Showmanship on Valentineís Day”pada 14 Februari ini mulai pukul 19.00. ”Tidak sekadar menikmati makan malam romantis dengan pasangan, para tamu akan menyaksikan proses penyajian menu makan malam.

”Pada Hari Cinta Kasih, kami mengajak pengunjung menikmati makan malam buffet dengan menikmati lagu-lagu romantis persembahan Ermy Kullit dan Maestoso Band,”kata Ocky Devarismha, Public Relations Executive Hotel Ciputra. Dia mengatakan, lewat tema”Valentine’s Day Dinnerî, konsep perayaan Valentine’s Day di hotel itu tahun ini berbeda dari tahun sebelumnya.

Ermy Kullit dan Maestoso Band akan membawakan musik romantis untuk menambah kehangatan suasana. ìKenikmatan akan berpadu dengan cita rasa pada hidangan mulai appetizer, soup, sherbet, main course, dan dessert karya tim dapur Hotel Ciputra Semarang yang dinikmati pada remang cahaya lilin bersama pasangan tercinta,”kata Ocky.

Ezra Kinney, koki yang memiliki pengalaman enam tahun di Amerika, bakal memasak menu spesial di AtoZ Bar, Wine & Brasserie, Jalan Sumbing Nomor 10 Semarang, untuk menyajikan santapan makan malam. Pria kelahiran Surabaya, 18 Agustus 1982, itu tidak hanya menghadirkan olahan bumbu bercampur bahan makan yang enak di lidah, tetapi juga menggarap khusus tampilan makanan saat menyajikan. ”Kelezatan makanan dan penampilan itu satu paket,”kata Ezra

. Head Chef di AtoZ Bar, Wine & Brasserie itu menuturkan menyajikan menu kreasinya spesial pada Hari Valentine meliputi garden fruit salad, poached salmon, fillet mignon sous vide. Dia juga akan menyajikan green tea parfait with nutis crumbled. selain sajian makanan dari Chef Ezra Kinney, Majestic Band juga hadir memberikan sentuhan lagu romantis. ”Konsep kami spesial bagi pasangan yang merayakan Valentine’s Day,”ucap Marketing Manager AtoZ Bar, Wine & Brasserie Semarang Obin Robin.

Hotel Novotel menyediakan menu khusus Hari Kasih Sayang setiap tahun. Juwita Maharani, Public Relations Novotel, mengemukakan Hari Kasih Sayang kali ini menyediakan menu mushroom and tomato soup, dengan warna dasar putih gading dengan bentuk hati di bagian atas berwarna oranye kemerahan. hidangan itu bisa dinikmati pada 14 Februari ini pukul 18.00-22.00.

Tidak hanya itu, organisasi sosial hotel di Jalan Pemuda itu juga bekerja sama dengan PMI untuk mengadakan program donor darah pada 15 Februari 2016 di Ruang Lawu pukul 11.00-15.00. Dia menuturkan donor darah menjadi salah satu upaya mewujudkan cinta kasih kepada sesama. Kegiatan itu terbuka untuk umum.”Kami mengundang masyarakat umum untuk memberikan aksi nyata mengasihi sesama.”

Tiap kali datang Hari Valentine, selalu saja suara pro dan kontra mengemuka. Beragam pendapat merebak. Yang pro menganggap merayakan hari kasih sayang yang jatuh pada 14 Februari setiap tahun itu, hal yang wajar dan boleh-boleh saja.

Bagi mereka yang kontra, Hari Valentine tak layak dirayakan di Indonesia dengan beragam argumentasi.
Menurut Raden, Hari Kasih Sayang sebaiknya tidak dirayakan pasangan yang belum menikah. "Valentine banyak disalahartikan remaja dengan ekspresi rasa cinta yang berujung pada pesta seks,"

Dukungan senada juga datang dari Front Pembela Islam (FPI). Organisasi ini sejak lama memang mengharamkan perayaan Valentine. “Itu simbol  budaya orang kafir, budaya Barat, simbol kemaksiatan. Ironis saja kalau umat muslim rayakan itu," kata Ketua FPI Kota Depok, Habib Idrus Al Gadhri.

Sebelumnya Wakil Wali Kota Depok, Idris Abdul Somad, mengimbau warga Depok tidak merayakan Valentine Day alias Hari Kasih Sayang. Dia menilai perayaan itu sama saja mendorong remaja untuk memasrahkan diri kepada kekasih. “Untuk itu, laranglah anak-anak Anda untuk merayakan Valentine".

Idris mengimbau sebaiknya orang tua mengajak anak-anaknya ke acara keagamaan pada  Hari Valentine. Misalnya, hadir di peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW yang menunjukkan cinta kepada Rasul.

Bagaimana menurut pendapat anda tentang Hari Valentine...?





No comments:

Post a Comment