Saturday, February 6, 2016

Tahun Baru Imlek Gong Xi Fa Cai 2016



Jitupoker.com -Sin Cia atau Imlek yang di rayakan oleh keturunan Tionghoa adalah merupakan sebuah perayaan yang penting bagi warga keturunan Tionghoa. Pada tahun 2016 ini, perayaan Imlek jatuh pada tanggal 8 Februari yang berarti telah di mulainya awal “Tahun Monyet.”


Negara Indonesia yang di kenal sebagai negara BHINEKA TUNGGAL IKA 
Indonesia yang terdiri dari bermacam-macam suku dan juga mempunyai bermacam-macam tradisi dan budaya masing-masing, dan juga memilik bermacam-macam agama dan juga kepercayaannya masing-masing. oleh karena itu untuk menghormati dan menghargai suku Tionghoa pemerintah Indonesia menetapkan tahun baru Imlek sebagai hari libur nasional berdasarkan Keppres No. 19/2002 dan telah di resmikan oleh pemerintah Indonesia sebagai hari libur nasional sejak tahun 2003. Selain di Indonesia, tahun baru Imlek juga diperingati sebagai hari libur nasional di Brunei, Filipina, Korea, Malaysia, Mauritius, Singapura, Tiongkok, Thailand dan Vietnam. Pergantian tahun baru yang tidak jauh beda dengan tahun baru Masehi, dimana sebagian orang melakukan acara pesta kembang api, berdoa dan bersyukur telah bisa melewati tahun sebelumnya, dan masih dikaruniai umur panjang untuk mengarungi tahun baru.

Tahun baru (IMLEK)bagi suku Tionghoa sendiri tidak berdasarkan pada kalender bulan dan tahun, namun berdasarkan penghitungan dengan menggunakan nomor sebagaimana pemerintahan Huangdi. Hari Raya Imlek sendiri di Indonesia ditandai sebagai hari libur nasional.

Nah, disamping merayakan tahun baru ini dengan berbagai kegiatan sukacita, berkumpul bersama sanak saudara, keluarga dan bahkan sembahyang bersama. Tidak ada salahnya jika Anda terpisah karena jarak dan tidak sempat untuk hadir merayakan Tahun Baru Imlek ini, maka banyak cara yang bisa dilakukan termasuk dengan mengirimkan kata-kata ucapan Selamat Tahun Baru Imlek 2015 Gong Xi Fa Cai. Teknologi sudah memanjakan kita, ucapan bisa dikirim melalui SMS, BBM atau bahkan dengan melakukan video calling.

Tahun baru Imlek biasanya dirayakan selama 15 hari oleh umat Buddha. Pada hari raya Imlek, bagi warga Tionghoa adalah suatu keharusan untuk melaksanakan pemujaan kepada para leluhur, seperti halnya dalam upacara kematian, memelihara meja abu atau ling wei (lembar papan kayu bertuliskan nama almarhum leluhur), dan sembahyang leluhur pada hari “Ceng Beng” (hari khusus untuk berziarah dan membersihkan kuburan leluhur). Oleh sebab itu, pada saat Imlek anggota keluarga akan mengunjungi rumah anggota keluarga yang memelihara ling wei (meja abu) leluhur untuk bersembahyang, atau mengunjungi rumah abu tempat penitipan ling wei leluhur.
Kata Imlek (Im=bulan, Lek=penanggalan) berasal dari dialek Hokkian atau bahasa Mandarin-nya Yin Li yang berarti kalender bulan (Lunar New Year).


Salam Jitupoker.com

No comments:

Post a Comment