Wednesday, February 10, 2016

Pesawat Tempur AU Jatuh di Malang Saat Latihan



Jitupoker.com - Pesawat tempur jenis Super Tucano TT-3108 milik TNI Angkatan Udara jatuh di permukiman warga di Jalan Laksda Adi Sucipto RT03/RW05, Kelurahan Blimbing, Kota Malang, Jawa Timur, Rabu 10 Februari sewaktu melakukan latihan.


Informasi yang dihimpun., pesawat latih jatuh pukul 09.50 WIB. Pesawat diduga mengalami gangguan di bagian mesin sebelum jatuh menimpa rumah warga. personel TNI dan Polri langsung turun ke lokasi kejadian dan tiba di lokasi pukul 10.15 WIB. Petugas dibantu mobil pemadam kebakaran berusaha untuk mensterilkan lokasi dan mengevakuasi korban.

Menurut keterangan dari para saksi penduduk di sekitar daerah jatuhnya pesawat, ada suara keras dan diikuti asap pekat. Bau avtur juga menyengat dari lokasi kata Yosua, saksi di lokasi jatuhnya pesawat.
warga lainnya, Darmuji mengatakan, pesawat dari arah Barat jatuh dalam keadaan menukik. Ia mengaku tak sempat melihat Pilot dan Co-pilot menyelamatkan diri menggunakan kursi pelontar. "Tidak ada suara ledakan, tapi terdengar suara keras," kata Darmuji.



Pesawat nahas Super Tocano buatan Brasil itu menimpa rumah Mujianto. Hingga kini, petugas masih mengevakuasi puing-puing pesawat. sementara, warga lainnya, Riski Amanah, mengatakan getaran akibat pesawat jatuh itu terasa hingga radius 100 meter dari lokasi. sewaktu kejadian "Kebetulan saya di dalam rumah. Semula saya duga gempa bumi, ternyata ada pesawat terjatuh," kata Riski.

Hingga berita ini disusun, belum ada keterangan resmi dari TNI Angkatan Udara. Data sementara, ada tiga orang korban akibat pesawat jatuh yakni Pilot Mayor Pnb Ivy Safatilah, Co-pilot Saiful, dan seorang warga Erna Wahyu Ningtyas, 48.
Adapun kejadian tersebut mengakibatkan 3 orang luka-luka diantaranya. menurut keterangan dari Danlanud Malang Marsma Pnb RM Djoko Senoputro menuturkan, korban yaitu Mayor Pnb IFI, copilot Saiful dan Ibu Pujianto yang merupakan warga sekitar. Ibu Pujianto dilarikan ke RSSA Malang," ujar Djoko untuk mendapatkan perawatan intensif.


Salam Jitupoker.com

No comments:

Post a Comment